Tuesday, August 19, 2014

Ruang Lingkup Cinta dalam Novel Terusir dari Rimba

Sambil menunggu keputusan ditolak atau diterimanya naskah novel Terusir dari Rimba oleh penerbit saya akan mencoba menguraikan ruang lingkup cinta yang diceritakan dalam novel ini.

Cinta, mendengar kata itu pasti semua orang akan mengarah pada suatu hubungan spesial antara seorang laki-laki dan perempuan. Padahal bentuk cinta itu sendiri sangatlah beragam. Novel Terusir dari Rimba ini sendiri menceritakan tentang kisah cinta yang mencakup keseluruhan aspek kehidupan diantaranya: Cinta antara laki-laki dan perempuan, Cinta orang tua kepada anaknya, Cinta masyarakat pada adat istiadat dan lingkungannya serta Cinta kepada alam sekitar.

Tokoh utama wanita dalam novel ini bernama Duma, yang merupakan seorang gadis rimba dari suku terpencil yang hidup secara nomaden di pedalaman hutan pulau Sumatera bernama suku Boruru. Ia harus berjuang dan berkorban untuk mendapatkan kebahagian dan cinta sejatinya. Dengan latar belakang keindahan hutan Indonesia yang masih perawan beserta berbagai macam flora dan faunyanya yang sengaja saya gambarkan dalam novel ini diharapkan para pembaca (seandainya naskah novel Terusir dari Rimba diterima penerbit tentunya) dapat merasakan sensasi petualangan di alam liar bak orang rimba itu sendiri. Saya juga mengangkat satu icon tumbuhan endemik hutan sumatera yaitu Bunga Bangkai sebagai bagian dari isi cerita novel ini. Selain floranya saya juga mengadaptasi sedikit adat dan budaya suku kubu pedalaman sehingga diharapkan para pembaca dapat semakin menyadari bahwa betapa kayanya budaya Indonesia ini yang masih belum terekspos secara maksimal.

Novel ini tidak hanya bercerita masalah kisah cinta dua sejoli yang mengharu biru akan tetapi mengedepankan pula bagaimana bentuk cinta orang tua kepada anaknya, masyarakat kepada kelestarian alamnya dan rasa hormat anak kepada orang tuanya yang dewasa ini sudah mulai pudar di kalangan para remaja.  Di dalam novel ini juga berisi berbagai petuah-petuah bijak tentang kehidupan dan lingkungan yang mudah-mudahan dapat memberi manfaat yang berguna bagi para pembacanya nanti.

Untuk saat ini pembahasan tentang Ruang Lingkup Cinta dalam Novel Terusir dari Rimba saya cukupkan sampai disini dulu. Saya janji akan melanjutkan pembahasannya nanti apabila saya sudah mengetahui kabar terbaru dari penerbit untuk naskah novel Terusir dari Rimba ini.

Terimakasih telah berkunjung ke blog saya.

@buldani007
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment